Loading the content... Loading depends on your connection speed!

+628-1212-5274-19
Shopping Cart - Rp0.00
Cara Merawat aquascape
Cara merawat aquascape

Aquascape yang sudah di Set up membutuhkan perawatan berkala agar penampilan Tanaman dan ekosistem di dalamnya tetap prima. Untuk 1 bulan pertama adalah masa dimana tanaman pada aquascape membutuhkan perawatan yang intensif.   berikut adalah langkah-langkah yang wajib dilakukan dalam 8 Minggu pertama.

Minggu ke 1

Pada minggu pertama, dianjurkan 50% isi air di ganti setiap 1 kali dalam seminggu sampai umur tanaman di dalam aquarium mencapai umur 2 bulan agar kadar NH4 tidak naik serta akuarium tidak mudah terserang agae/lumut, penggantian air secara berkala  juga akan bermanfaat untuk cara mengurangi kadar NH4 di dalam aquarium.    Untuk fauna seperti ikan dan udang sebaiknya di masukan ketika umur aquarium sudah mencapai dua minggu setelah set up, hal ini di lakukan untuk mencegah rusaknya tanaman di dalam aquarium karna akar dari tanaman tersebut belum bertumbuh secara maksimal.

  • Suhu air yang baik  berkisar 25 C – 27 C. gunakan fan / chiller bila di perlukan.
  • Pemberian pupuk cair di lakukan sebelum lampu di nyalakan bukan saat lampu di matikan (perlu di perhatikan) Pemumpukan yang efektif itu dilakukan sebelum lampu menyala, atau pada saat awal lampu menyala, dimana stomata daun membuka dan efektif untuk menyerap nutrisi dan proses berfotosintesis.
  • Lampu dinyalakan minimal 6 jam dan maksimal 9 jam sehari,  Gunakan Timer agar pencahayaan konstan setiap harinya, serta menyesuaikan waktu anda untuk menikmati aquascape anda.
Minggu ke 2

Pada minggu kedua, ikan-ikan kecil, udang dan fauna pemakan lumut sudah bisa dimasukan ke dalam tank, tetapi jangan diberi makan terlebih dulu selama 1 minggu. Tujuannya, agar ikan/udang merasa lapar sehingga fauna tersebut akan lebih bekerja sangat agresif dan rakus untuk melahap semua algae pada daun serta aquascape akan tetap bersih terbebas dari algae.

Minggu ke 3

Pada minggu ketiga, ikan bisa ditambahkan sesuai dengan kapasitas akuarium tapi perlu di ingat berlebihan fauna juga tidak baik, Ikan bisa diberi pakan dan harus habis dalam waktu 5 menit.  Kelebihan pakan harus dibuang dengan cara disedot menggunakan selang agar kualitas air tidak berdampak buruk, Penggantian air sama saja dengan minggu pertama bisa dilakukan seminggu sekali dengan menguras air akuarium setengahnya/50% isi air pada tank.

Minggu ke 4 s/d Minggu ke 6

pada Minggu ke empat, perhatikan daun yang sudah tua atau layu segara keluarkan dari dalam tank/aquarium, tujuanya agar daun yang sudah tua tidak di biarkan membusuk di dalam tank yang bisa mengakibatkan buruknya kualitas air di dalam tank.

Minggu ke 7 s/d Minggu ke 8

Minggu ke 7 s/d minggu ke 8 adalah perawatan berkala aquascape secara maksimal yang agak berbeda dari perawatan berkala biasanya. perawatan berkala ini biasanya di kerjakan pada saat 7 s/d 8 minggu sekali dan perawatan aquascape secara besar ini di mulai dari mengganti karbon aktif dengan yang baru dari filter serta membersikan spon filter dan media filter lainya. Lalu bersikan bagian kaca di dalam tank serta trimming/memangkas bagian tanaman yang sudah mulai tinggi, lalu sedot keluar kotoran yang tersisa dari dalam tank dan ganti air sebanyak 50%.

Untuk perawatan aquascape di Minggu-Minggu selanjutnya terus di lakukan sama seperti dari Minggu pertama dan seterusnya.

Leave a Comment

Mobile version: Enabled